" Jika perubahan yang kau inginkan tidak kunnjung datang maka ciptakan perubahan itu !!! "

22.10.12

Korupsi sejak dini "?"

Assalamualaikum

Sudah lama sekali saya tidak berkecimpung ke dunia blogger :). Maklum saya sudah capek dengan sekolah saya, berangkat pagi pulang malam. Aduh capek sekali. Tapi saya menikmati ini.

Oke, pada postingan kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat dengan korupsi kecil-kecilan yang biasa kita (pelajar) lakukan.

Ya itu adalah mencontek. Pernah saya mendengar suatu istilah bahwa korupsi = mencontek / mencontek = korupsi. Hm.. setelah saya pikir-pikir ada benarnya juga. Karena arti kata korupsi itu sendiri adalah :


Korupsi : kebejatan; ketidakjujuran; tidak bermoral; penyimpangan dari kesucian(The Lexicon Webster Dictionary, 1978)
Yah, mencontek adalah tindakan ketidakjujuran dan ketidak bermoralan, kenapa ? karena pada saat kita akan ulangan kita sudah meng-iyakan kata-kata guru agar kita tidak mencontek :D. Mencontek adalah hal yang sangat lumrah dalam dunia pendidikan, tidak hanya murid yang melakukannya bahkan gurupun juga seperti itu.

Ada banyak sekali modus dalam mencontek, seperti dengan kode tangan, kode mata, kode suara, atau apapun itu. Modus ini semakin lama semakin berkembang dengan semakin ketatnya pengawasan dari guru pada saat ulangan. Mengapa ini bisa terjadi?

Mencontek biasa dilakukan oleh siswa yang kurang PD alias Percaya Diri. Ketidak percayaan diri ini disebabkan oleh berbagai sebab, seperti tidak belajar, tidak biasa mengerjakan soal sendiri, dll. Nha sikap seperti inilah yang harus dibina oleh guru agar murid kelak tidak melakukan korupsi dalam lingkup yang lebih besar.

Saya bukanlah orang yang suci dari korupsi :D hehehe, karena jujur saya juga pernah/sering mencontek. Mencontek bisa dilakukan jika ada kemauan, kemepetan dan kesempatan. Kalau tidak ada kesempatan mencontek tidaklah mungkin saya bisa mencontek :D

Bagaimana menanggulangi ini ?
Saya pribadi, berusaha keras agar saya tidak mencontek pada saat ulangan. Cara saya untuk menanggulangi ini adalah saya berusaha merubah mindset saya tentang pelajar. Saya rubah pandangan saya, saya rubah kebiasaan yang membuat saya mencontek.

Bagi temen-temen yang masih mencontek, sadarlah kalau perbuatan itu tidak baik. Bukan berarti saya lebih baik dari Anda, tapi kita saling mengingatkan. Kalau kita dari sekarang sudah suka mencontek sudah dapat dipastikan kalau kita menjabat kita sangat mudah tergoda dengan korupsi karena kita sudah belajar korupsi sejak dini.

Wassalamualaikum.wr.wb